March 16, 2016

Fakta Tentang Caroline Herschel - Google Doodle Hari Ini



Google Doodle hari ini, 16 Maret 2016, menampilkan sosok perempuan dengan latar bintang jatuh. Banyak yang belum tahu alasan raksasa internet Amerika tersebut mempersembahkan Doodle tersebut. Ya, hari ini, 16 Maret, merupakan hari kelahiran Caroline Herschel 266 tahun yang lalu. Caroline Herschel adalah sosok astronom perempuan kelahiran Jerman yang menemukan komet

Berlatar belakang 'bintang jatuh', Google Doodle hari ini terasa sangat unik. Latar tersebut sangat merepresentasikan ketokohan Caroline Herschel, sosok astronom perempuan asal Jerman tersebut. Siapa sebetulnya Caroline Herschel? Dan mengapa ia sangat istimewa. Simak sederet fakta tentang Caroline Herschel berikut, sebagaimana dituturkan Telegraph.

Caroline Herschel, Google Doodle


Astronom Perempuan Pertama
Caroline Herschel nerupakan Perempuan pertama yang mendapat penghargaan atas prestasi yang ditorehkan. Ia mengantongi Medali emas penghargaan Royal Astronomical Society pada 1828. Peristiwa tersebut menjadikan Caroline sebagai perempuan pertama yang berhasil memboyong medali emas berkat kontribusi besarnya dalam bidang sains.

Caroline Herschel, Google Doodle


Sakit-sakitan Di Masa Kecil

Caroline Herschel seringkali mengalami sakit di masa kecil, dan itu membuat tubuh Caroline tak bisa tumbuh dengan semestinya. Berasal dari keluarga yang hidup di area pedesaan Jerman, Caroline sempat mengidap tifus, di mana penyakit tersebut menghambat pertumbuhan tubuh dan meninggalkan sejumlah bekas luka di beberapa bagian. Ia tak pernah tumbuh lebih tinggi dari sekitar 1,2 meter. Keadaan itu pun sempat menumbuhkan asumsi bahwa ia tak akan pernah menikah.

Caroline Herschel, Google Doodle


Pengaruh Sang Kakak
Saudara laki-laki Caroline Herschel menjadi sosok paling berpengaruh atas pembentukan kariernya. Setelah masa kecil yang sulit, Caroline pindah ke Britania Raya untuk menyusul sang kakak, William. Memulai 'perjalanan' sebagai musisi, William memberi pengaruh banyak pada Caroline. Hingga akhirnya 'banting setir' mendalami astronomi, Caroline pun 'tertular' kegemaran sang kakak.

Caroline Herschel, Google Doodle


Penemuan Komet Caroline Herschel
Penemuan komet jadi 'karya' Caroline yang paling menyedot perhatian. Sebenarnya, Caroline berhasil menemukan total 7 komet, namun ia hanya berkontribusi penuh atas 5 di antaranya. Beberapa komet yang ia temukan, seperti 35P/Herschel-Rigollet, menggunakan nama Caroline.

#googledoodle
#CarolineHerschel

No comments:

Post a Comment

Komentar sesuai dengan nurani-mu..